Rabu, 26 Agustus 2009

Saran Sesama Pemula Pebelajar Internet Long Life

Saran Sesama Pemula Pebelajar Internet

Salah satu tujuan menarik membuat blog adalah menghasilkan sejumlah uang dari blog yang dibangunnya. Sejumlah uang dimaksud adalah penghasilan yang bisa disebut pendapatan sampingan bahkan sebagai income tetap dan berkelanjutan ( passive income). Hal ini wajar saja karena sesuai zamannya saat ini sudah masuk dalam abad informasi; abad tehnologi dan abad digital; dan internet termasuk dunia yang up date dan menjajikan untuk alternative penghasilan…..Tetapi langkah blogger untuk mendapatkan penghasilan apakah mudah dan mulus ???

Kenyataannya untuk sukses di dunia bisnis online lewat blog ; adalah tidak mudah. Welly mulia dengan Ngeblog Dapet Duit-nya mengakui bahwa jalan itu tidak mudah dan susah. Tidak ada jalan instan kecuali dengan kerja keras…….begitu pula Peter Khohar dengan Preman Internetnya susah dan tidak mudah. Guru internet yang mengatakan mudah adalah bohong. Lho kok bisa ?? Sekali lagi tidak ada jalan instant untuk sukses di bisnis online…………

Karena itu saran saya sebagai sesama pemula marilah kita ambil langkah yang hati-hati; sambil sedia payung sebelum hujan. Hati-hati artinya ambillah langkah cerdas dan sabar melakukannya. Sedia payung sebelum hujan artinya sediakan mental baja dulu sebelum berhasil. Internet markerter menyarankan sabar dulu 6 bulan sampai 12 bulan untuk aktif blooging sebelum mendapatkan hasilnya.

Beberapa tip dan saran saya sebagai pemula untuk pemula……….(Maaf bukan untuk advance/prof)

1. Segera bikin blog dan isilah dengan teratur.

2. Pasang niat positip tujuan ngeblog, walaupun tujuan untuk mendapatkan uang tetapi tetap diusahakan dengan sabar. Lebih baik niatkan untuk belajar. Bukankah belajar itu seumur hidup ? Learning is Longlife…….

3. Jalin hubungan sesama blogger; pilih yang dianggap pas untuk tempat belajar dan tindak lanjuti dengan hubungan dengan senior blogger tersebut. Saya rasa mereka mau berbagi ilmu,

4. Pilih topic yang menarik dan fokuskan sebisanya sesuai dengan bakat dan hobi serta disiplin ilmunya. Jika mau berbisnis pilih topic langsung bisnis…….dsb.

5. Hindari korban kebanjiran informasi (overload info) hanya karena ingin lebih mendalami topiknya; tetapi seleksilah dan focus segera ke blognya sendiri. Membaca info penting tetapi dibatasi waktunya.

6. Jika punya cukup modal ………cari jalan instant membeli web yang sudah jadi lengkap dengan assesorisnya ; tindak lanjuti dengan konten yang orisinal……

7. Jika sudah sukses ingatlah untuk memberi dan memberi…….. termasuk diantaranya bagi-bagi ilmu untuk sesama pemula blogger agar mandiri.

8. Ora et labora ……Berjuang dengan sabar jangan lupa berdoa kepada Yang Maha Kuasa; Pemberi rezeki semua umatnya.

1 komentar:

  1. amiiieennn.... mas hary :) trims tipsnya. mudh2n bnyk yg terinspirasi dr artikel ini n bnyk yg baca artikel ini

    salam

    BalasHapus