Kamis, 10 September 2009

Keajaiban Angka 9

Di bulan September atau bulan 9 ini saya hendak menyorot angka 9 yang unik. Bahkan dengan olah angka secara matematik ternyata angka 9 menunjukkan keistimewaan sangat khusus atau bahkan bisa dibilang ajaib.
Khusus di hari Rabu 9-9-2009 adalah hari kebahagiaan Bapak Presiden kita Susilo Bambang Yudhoyono yang berulang tahun ke -60. Selamat Bapak. Kami bersama masyarakat Indonesia lainnya ikut mendoakan Bapak agar senantiasa diberikan kesehatan dalam mememimpin bangsa ini dan diberi kekuatan untuk memecahkan berbagai persoalan bangsa ini agar keluar dari berbagai krisis. Amin ya Rabbal Alamin.
To the point…….apa sajakah keajaiban angka 9 :
1. Dalam agama Islam angka Sembilan sangat dikenal dengan adanya ASMAUL HUSNA yaitu nama-nama yang Agung yang sesuai dengan sifat-sifatNYa berjumlah 99.
2. Di dalam Kitab Suci Al Quran nama Allah disebutkan sebanyak 2799 kali; angka itu jika kita jumlah menghasilkan 2 +7+9+9 = 27 maka kembali angka 27 adalah 2 dan 7 juga 9.
3. Penyebar agama Islam di pulau Jawa yang terkenal adalah 9 wali yang dikenal sebutan WALISANGA;
4. Susunan Tatasurya dan peredaran planet yang menglilingi matahari selama ini dikenal berjumlah 9 ; dari Matahari sebagai pusat tatasurya lalu, Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus....dan Pluto; walaupun saat ini Plutio tidak lagi dimasukkan golongan planet namun terhitung dengan matahari jumlahnya tetap 9.


5. Masyarakat Cina mempunyai kepercayaan pada angka 9 sebagai angka istimewa dan angka keberuntungan. L. Simanjuntak dalam detik news menuliskan, masyarakat China punya catatan sejarah khusus tentang angka yang juga sering dimaknai sebagai kesuksesan atau pencapaian tertinggi ini. Seperti dilansir LiveScience.com, kekaisaran China kuno sangat dekat dengan hal-hal yang berbau angka 9. Hal ini tampak dalam arsitektur dan kostum kerajaan yang bermotif 9 naga.

Dinasti Ming (1368-1644) juga meyakini kekuatan angka 9 lewat 'Kota Terlarang' yang terletak di pusat Kota Beijing. Di komplek kerajaan yang sampai saat ini masih terawat dengan baik terdapat 9.999 bangunan yang melambangkan angka panjang umur dan berkuasa bagi kaisar.

Berbeda dengan China, Jepang justru menganggap angka 9 sebagai angka yang harus dihindari karena bermakna 'penderitaan'. Angka 9 dianggap sebagai kesialan tertinggi setelah angka 4 yang berarti kematian.

Sedang di Indonesia kita juga kenal rokok Djie sam soe dengan simbul angka 234 kalau dijumlahkan ada 9 dan menurut kepercayaan Tiongkok adalah angka istimewa, angka keberuntungan.

6. Inilah keajaiban angka 9 dalam matematika :

Berapapun angka (kecuali 0) jika dikalikan dengan angka 9 akan menhasilkan angka sembunyi 9. Artinya jumlah perkalian jika dihitung akan kembali pada angka 9. Contoh

2 x 9 = 18 angka tersembunyi 1 dan 8 dijumlah = 9
3 x 9 = 27 angka tersembunyi 2 dan 7 dijumlah = 9
12 x 9 = 108 angka tersembunyi 1, 0 dan 8 dijumlah = 9
134 x 9 = 1206 angka tersembunyi 1,2,0, dan 6 dijumlah = 9
Nah kita variasikan lagi coba kalikan dengan kelipatan Sembilan….. ya berapapun kelipatan sembilan tetap menghasilkan angka tersembunyi 9
Contoh : 12345 x 18 = 222210 masih belum percaya……coba ambil kertas dan kalkulator dan dicoba maka kita akan tercengang hasilnya adalah TETAP dengan angka tersembunyi 9. Keajaiban ini tidak terjadi pada angka selain 9.

Lebih jauh lagi berapapun angka disusun sesama angka yang mempunyai angka tersembunyi 9 dan dikalikan maka akan TETAP menghasilkan angka tersembunyi 9
Contoh : 5678436 x 1863 hasilnya …………………..(tolong dihitung ya….)

Keajaiban angka Sembilan dalam matematika tidak berhenti pada operasi perkalian itu saja; tetapi juga dalam penjumlahan, , pengurangan, pembagian dan lain-lain selengkapnya dapat dibaca lebih jauh dalam buku lama “Bermain dengan Angka” karya Drs. Badrul Komar dan Ruslani BA terbitan Angkasa Bandung tahun 1985.

Mungkin pembaca mempunyai fakta lain dibalik keajaiban angka 9 silakan dituliskan di komentar di bawah ini.





5 komentar:

  1. angka yang penuh misteri sekaligus ajaib buat saya mas :)tp mudah2n membawa kebaikan buat bangsa ini, dan yg terpenting mudh2n jln hidup sy se ajaib angka 9 hehehe...amiinnn

    salam semoga sehat selalu

    BalasHapus
  2. ternyata angka 9 begitu unik dan mengandung banyak kisah dibaliknya :)

    salam kenal mas..

    BalasHapus
  3. ok.....salam kenal kembali Mas Wellsen. Terimaksih telah berkunjung

    BalasHapus
  4. Angka 9 penuh misteri mmang btul dan smoga blog ini mendpat nilai 9 jg..amin 9x

    BalasHapus