Minggu, 27 September 2009

Angka 13 = Angka Sial ?

Anggapan bahwa angka 13 = angka sial memang sudah ada sejak zaman dulu. Kepercayaan ini boleh dipercayai boleh tidak; karena faktanya di zaman yang dibilang modern ini masih banyak ditemui hal berkaitan angka 13 dan dihubungkan dengan kepercayaan itu.

Orang yang mempercayai angka 13 =angka sial dan merasa ketakutan akan hal itu disebut Triskaidekafobia. Kata triskaideka berasal dari bahasa yunani yaitu tris=tiga, kai=dan, deka=sepuluh. Hal ini sering kali dianggap sebagai takhayul. Ketakutan akan hari Jumat yang jatuh pada tanggal tiga belas disebut paraskavedekatriafobia atau friggatriskaidekafobia.

Kalau ketakutan di hari Jumat tanggal 13 (Friday 13) adalah berasal dari sejarah agama Krsiten yang dihubungkan dengan posisi ketiga belas pada Perjamuan Terakhir Yesus, yaitu Yudas Iskariot, si penghianat dan dipercayai bersamaan hari dengan kematian Yesus. Sehingga hari Jumat jika bertepatan dengan tanggal 13 dianggap sial yang berkali lipat. Konon kepercayaan itulah yang menjadi dasar didunia Barat sampai saat ini.

Faktanya memang sangat tampak sampai detik ini ada di sekeiling kita : misalnya rumus Barcode yang tertera di setiap produk keluaran pabrik, selalu berjajar 13 angka, lambang negara Amerika

Serikat, jumlah kartu remi dan tarot, rumus suci geometri yang biasanya terpahat dan disembunyikan dalam berbagai arsitektur bangunan seperti halnya Monumen Washington DC dan Patung Liberty, simbolisasi logo Microsoft, simbolisasi logo McDonalds dan berbagai perusahaan multinasional AS, lembaga-lembaga pemerintah maupun swasta di AS, hingga bilangan batu permata yang ada di Cruix Gemmata, salib yang bertaburkan 13 batu mulia.

Sederetan contoh lagi saya kutip dari wekipedia Indonesia seperti berikut :

• Penahanan dan pembunuhan terhadap Ksatria Templar terjadi pada hari Jumat 13 Oktober 1307. Peristiwa ini banyak diyakini sebagai asal usul dari mitos yang berkaitan dengan kesialan di hari Jumat tanggal 13. Jumat Ketigabelas.

• Di Amerika Serikat dan Kanada, banyak bangunan tinggi tidak memiliki lantai ke-13.

• Pada beberapa pesawat penumpang seperti Continental Airlines, tidak ada kelompok kursi bernomor 13.

• Beberapa terminal bandara tidak memiliki gerbang bernomor 13.

• Di Formula Satu dan beberapa ajang balap lainnya, tidak ada mobil balap yang mengusung angka 13.

• Microsoft tidak akan menamai Office berikutnya sebagai Office 13, tetapi Microsoft Office 14.

• Komponis Arnold Schoenberg menderita triskaidekafobia. Ia lahir dan meninggal pada tanggal 13.

• Di Amerika Serikat, tidak ada pesawat bernama F-13 karena para pilot banyak yang percaya dengan tahayul ini.

• Penyanyi AS John Mayer memiliki 14 lagu pada albumnya Room for Squares, meski lagu ke-13 hanya 0,2 detik saja lamanya dan tidak ada suaranya.

• Ekspedisi Apollo 13 ke bulan dianggap gagal karena menyandang nomor ke-13. Apollo 13 diluncurkan pada pukul 13:13 EST pada 11 April 1970. Namun para awak pesawat selamat, sehingga tidak bisa dikatakan sial.

Saya percaya bahwa kepercayaan seperti adanya kamar hotel no 13 yang dianggap penuh misteri dan dihindari juga ada di negeri ini. Kepercayaan ini kelihatan sepele tetapi dari sisi ekonomi berdampak luar biasa. Adalah seseorang telah meneliti dampak itu yaitu Paul Hoffman, di dalam Smithsonian Magazine (Febr, 1987), menyatakan jika fobia terhadap angka 13 ini telah menelan biaya satu miliar dollar AS pertahun karena fobia itu telah menyebabkan orang mangkir dan membatalkan keberangkatan kereta dan pesawat terbang, serta mengurangi aktivitas perdagangan di setiap tangal 13 setiap bulannya.

Nah sekarang bagaimana sikap kita terhadap angka 13 = angka sial ???
Saya yakin sebagai generasi muda yang cukup berpengetahuan di zaman seperti saat ini akan bijaksana mengambil sikap. Dan saya tahu jawabannya; apalagi jika seorang muslim tentu akan selalu ingat wejangan para ustadz untuk tidak terlalu mempercayai hal yang tidak mendasar kepada agama.Apalagi meyakininya. Kita tidak boleh mengotori jiwa kita yang sudah tercuci sebulan ramadhan kemarin dan hendaknya kita mempertahankan kesucian jiwa itu.

Santai saja Bro……..Biarpun kepercayaan itu ada; biarlah berlalu tetapi sebagai karyawan atau PNS saya yakin dan percaya bahwa jika angka yang disebut 13 ini pasti akan disambut gembira dan dielu-elukan kehadirannya ; GAJI KE 13……

Bagaimana Setuju ?

(Sumber : Wekipedia, Eramuslim)


4 komentar:

  1. Ternyata angka 13 ada jga yg tdk sial.

    BalasHapus
  2. Jangan tkut sm angka 13, lanjutkan.

    BalasHapus
  3. senang rasanya klo sy bs mendapatkan gaji ke 13, tp sayang, sy kerja di tmpt swasta mas, tp ngomong2 lahir sy tgl 13, sampai saat ini sy deberikan nikmat hidup yg tiada tara, sy sllu mensyukuri setiap nikmat yg diberikan tuhan, jd angka 13 itu hanya sekedar mitos tdk berdasar :)

    salam
    hill

    BalasHapus
  4. Thanks for Mas Agung, Rama
    Untuk Mas Hill kebetulan ya punya angka 13 di tanggal lahirnya; saya juga kebetulan postingan ini adalah yang ke 13 x nya di blog ini. Memang semua perlu disyukuri....

    BalasHapus