Senin, 28 September 2009

Belajar Dari 14 Kesalahan Fatal Bisnis Internet Versi Joko Susilo

Ingin Menjadi Pebisnis Internet sukses ? Sudah menjalaninya ? Atau bahkan masih pemula ? Ingatlah pepatah “Jangan Masuk ke dalam lubang yang sama” agar tidak celaka lebih parah lagi. Atau wejangan bagus “bawalah kompas sebelum masuk hutan rimba” Mungkin istilah-istilah itu tepat untuk direnungkan sebelum melangkah jauh dalam dunia bisnis internet.

Tetapi sejauh ini siapa yang memberitahukan adanya lubang-lubang itu dan jalan-jalan tikus di rimba belantara ?? Dan siapa yang paling berperan agar bisa selamat dari masuk lubang maupun tersesat di hutan.

Setidaknya report Joko Susilo berformat PDF dengan judul “14 Kesalahan Fatal Bisnis Internet dan Bagaimana Cara Mendobraknya!!” ini dapat diambil hikmahnya untuk petunjuk jalan itu. Report ini dapat diunduh gratis di Formula Bisnis.Com.

Secara garis besar report itu memberitahukan bahwa sebenarnya masalah terbesar itu ada diri kita sendiri; mau action atau tidak, berpikir positif atau tidak, maju atau mundur. Bahkan dalam intronya kita juga disadarkan adanya kesalahan fatal baik keputusasaan maupun kesalahan langkah lainnya dengan perbandingan: bagai tikus yang tak henti-hentinya berlari dalam putaran roda; berlari tiada henti . Merasa telah bekerja keras dengan segala daya upaya tetapi yang diperoleh ……….sedikit sekali dan bukan seperti diharapkan.

Maka silakah baca Formula Ajaib : 14 Kesalahan Fatal Bisnis Internet tersebut. Inilah rangkumannya :

1. Terlalu banyak belajar.
2. Ketagihan menjajal berbagai ide.
3. Tidak menganggapnya sebagai sebuah bisnis.
4. Menunggu sampai tahu segalanya.
5. Tidak cukup percaya diri.
6. Tidak serius menjalaninya.
7. Mendalami tanpa berbuat apapun.
8. Tanpa tujuan, tanpa rencana.
9. Takut BERTANYA, tersesat selamanya.
10. Melakukan sendiri – TIDAK mencari mentor.
11. Fokus setengah-setengah.
12. Rumput tetangga selalu terlihat lebih hijau.
13. Suka berkhayal dan menunda-nunda.
14. Terlalu mudah menyerah.

Sebagai perbandingan; dengan tidak melihat 14 kesalahan versi Joko Susilo diatas kita juga bisa mengoreksi diri kita masing-masing kesalahan atau rintangan apa saja yang menghadang langkah kita. Dan semakin banyak kita temukan halangan dan rintangan itu otomatis akan semakin banyak menemukan jalan keluarnya; itu pula yang menentukan sukses selanjutnya.

Atau kita share saja; Banyak hal penulis temui sebagai hambatan tetapi penulis tidak sebut sebagai kesalahan fatal; tetapi tetap sebagai hambatan atau rintangan, itu saja. Seberapa jauh kita mampu menghilangkan rintangan itu yang akan menentukan suksesnya seseorang.

Kalau bicara hambatan dalam bisnis internet menjadi bermacam-macam ; begitu pula penyelesaiannya.

Saya coba perinci hambatan saya dalam bisnis internet (?) ;
1. Kurangnya bahan belajar yang berkaitan dengan bisnis internet; walaupun pada akhirnya saya menemukan begitu banyak sumber belajar itu tapi setelah proses lama.
2. Terbatasnya sumber daya listrik dan sinyal internet; karena kondisi geografis.
3. Terbatasnya dana
4. Terbatasnya waktu untuk focus disana karena punya pekerjaan utama
5. Terbatasnya teman sharing di wilayah setempat.

Kita bisa bayangkan dengan keterbatasan itu sepertinya kita dibuat tidak berdaya oleh keadaan. Tetapi apapun kondisinya kita berusaha untuk terus maju. Go a head……...

Saya percaya setiap orang mempunyai masalah sendiri-sendiri; dan saya juga percaya dalam setiap masalah pasti ada solusinya walaupun tidak harus sama. Kita juga harus sadar manusia hidup pasti menemui masalah. Tetapi disini kita belajar mengatasi kesalahan fatal dalam bisnis on line.

Semoga terpecahkan.


3 komentar:

  1. sayang ya mas, coba klo kita deketan, kita bs share, begitupun dgn sy, hambatannya, lingkungan sekitar tdk mendukung aktivitas ngeblog sy, malah cenderung di ketawain sm temen krja :D, tp ketika sy liatin hasil penjualan affiliate & reseller, mereka mulai membuka mata, trnyata dunia ini tdk selebar daun kelor :D

    BalasHapus
  2. Saya setuju, Mas. Betul kata Mas Hill, akan menarik kalo banyak diantara kita yang bisa share seperti ini. Perasaan positif senantiasa terjaga...

    BalasHapus
  3. @ Mas Hill ;... seandainya kita dekatan ya ...
    @ Mas Khery Susdeska ; terima kasih atas kunjungannya, saya ingin sekali share di blognya ttp betul-betul hambatan diatas saat ini yang menghadang. Mohon maaf belum sempat berkunjung.

    BalasHapus