Jumat, 23 Oktober 2009

UFO di Blok M Jakarta : HOAX


Karena tidak selalu mengikuti media cetak; maka melalui TV saya mendapatkan kabar tentang UFO melintas Blok M Jakarta. Sebuah stasiun TV Nasional mengulasnya dalam kemasan bersama selebritis namun bertopik UFO dan hubungannya dengan peristiwa alam diberbagai daerah.

Peristiwa kemunculan UFO sendiri adalah berita menghebohkan (karena terus terang saya tertarik pada hal ini) walaupun sampai sekarang masih misteri seperti sebutannya. Apalagi berita itu disertai foto obyek dimaksud. Wah……surprise !!

Ulasan semakin menarik karena kemunculannya dihubungan dengan peristiwa gempa dan bencana lainnya dibumi Indonesia ini, seperti gempa yang berpusat di ujung kulon; ledakan meteor di teluk bone dengan gempa di Kendari ; dan juga diselingi pendapat dari beberapa selebretis. Tontonan menjadi semakin asyik dan menarik.

Sejarah tersebarnya berita sampai ke TV di depan saya seperti berikut ;

Syahdan seseorang telah memfoto di pagi hari dan hasil foto yang aneh seperti UFO dikirimkan ke Facebook wartakota dan dirilis beritanya pagi diwarta kota cetak (16/10). Jadi sumber pertamanya adalah dari sini sebelum akhirnya dikutip di kompas.com , okezone, dan berbagai media online lainnya termasuk stasiun TV yang sedang saya tonton saat itu Sabtu 17 Oktober 2009


Ini berita yang dilansir oleh wartakota.

Palmerah, Warta Kota
Sebuah benda terbang asing atau unidentified flying objects (UFO) melayang di atas sebuah apartemen di Jalan Pakubuwono atau di dekat Blok M, Jakarta Selatan, beberapa hari lalu.

Benda yang diduga UFO alias piring terbang itu dipotret seorang warga yang menolak identitasnya dicantumkan. Foto tersebut diterima Warta Kota melalui Facebook, Kamis (15/10).

Menurut si pemotret, obyek tersebut tidak sengaja tertangkap kamera. Saat itu, dia sebenarnya sedang memotret bangunan apartemen di Jalan Pakubuwono VI, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, dari dalam mobil.

Ketika hasil jepretan diamati dengan teliti, ternyata ada benda asing yang melayang di atas apartemen itu. Ketika citra benda asing itu diperbesar, benda itu tampak seperti piring dengan sejumlah jendela di bagian bawah. Mirip piring terbang dalam film fiksi ilmiah buatan Hollywood.

Saya penggemar berita unik dan aneh maka saya buka blog enigma; untuk mencari jawab atas misteri kemunculan UFO tersebut. Benar saja saya mendapatkan jawabannya : Misteri UFO Blok M terpecahkan ! Peristiwa itu dapat terjawab tidak lebih dari 24 jam. Penulis blog tersebut menuliskan lebih lanjut bahwa foto tersebut ternyata HOAX.

Pernyataan itu diperkuat oleh pernyataan Ufenesia ; pengamat UFO Independen yang membuktikan bahwa foto tersebut adalah mirip sekali dengan gambar penampakan UFO di Green Bay, Wisconsin, USA pada bulan januari 2007.

Kemiripan inilah yang akhirnya sudah bisa dinyatakan sebagai kobohongan atas orang yang tidak bertanggung jawab,kemajuan teknologi ditambah dengan daya imajenasi seseorang kita dapat dengan mudah membuat foto-foto palsu dan penggadaan foto menjadi satu foto yang bagus dan bisa menghebohkan seperti foto UFO di Blok M ini.

Inilah yang disebut HOAX. Dari sini saya belajar mengenal satu istilah lagi dalam dunia internet ; HOAX.

Sebelumnya saya menemukan pertamakali istilah ini dari komentar seseorang terhadap sebuah posting dan seperti sinis menuliskan salah satunya kata HOAX. Benar….saya belum mengerti istilah itu sama sekali, dan belum pernah buka kamus. Pikiran pertama istilah HOAX adalah singkatan kata tertentu atau sebuah kata seru untuk menunjukkan kemarahan. HOAX seperti nada semacam orang batuk dan berbagai imajinasi lainnya intinya hal negative. Seiring waktu ternyata istilah tersebut ternyata sering muncul di internet, baik dalam komentar maupun dalam artikel postingan. Ternyata istilah itu ada juga dikamus Bahasa Inggris Indonesia Hassan Shadily dengan arti olok-olok(an), cerita bohong-memperdayakan.

Kembali pada gambar UFO di Blok M tersebut adalah bohong alias tidak benar ternyata akhirnya diakui sendiri oleh pembuatnya yang menuliskan di komentar blog enigma.
Dari sini kita belajar satu hal lagi bahwa ternyata didunia online segala kebohongan bisa terjadi dan sangat memungkinkan. Dunia modern dengan kecanggihannya diberbagai tehnologi menantang manusia untuk senantiasa mempergunakan dengan bijaksana.


4 komentar:

  1. waduhh sy br tau ternyata ada isue ufo di jkt :),gmn kabarnya mas?maaf br bs berkunjung lg

    BalasHapus
  2. Kabar baik Mas Hill. Saya juga belum sempat kunjung saat ini; maaf sedang konsen urusan tugas yang belum terselesaikan.

    BalasHapus
  3. mantappppp,lanjutkan...

    BalasHapus